%A 1513024052 Kurnia Handayani %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 3 NATAR %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan peserta didik. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Natar. Sampel penelitian adalah kelas VII.E dan VII.F yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian quasi experiment ini menggunakan desain Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data hasil belajar kognitif peserta didik diperoleh dari nilai pretest dan postest dan data angket sikap peduli lingkungan yang kemudian dianalisis menggunakan uji anova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dengan rata-rata N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi (0,54) dibandingkan dengan kelompok kontrol (0,22). Lalu, penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing juga berpengaruh signifikan terhadap sikap peduli lingkungan peserta iii didik dengan kriteria skor sikap sangat baik pada kelompok eksperimen (3,32), dan dengan keterlaksanaan kegiataan pembelajaran kelompok eksperimen sangat baik (96,29%). Kata kunci: inkuiri terbimbing, sikap peduli lingkungan %D 2019 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1513024052 %I FKIP %L eprints58034