@misc{eprints58039, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS PENGAMATAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 13 BANDAR LAMPUNG}, author = {1513024073 Kiki Nuririski}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FKIP }, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/58039/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi penerapan dari penggunaan model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4 SMAN 13 Bandar Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Penelitian quasi experiment ini menggunakan desain Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data hasil belajar kognitif peserta didik diperoleh dari nilai pretest dan postest yang dianalisis menggunakan uji Independent Samples t-Tes dan data lembar observasi psikomotorik peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model CIRC berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dengan rata-rata N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi (0,46) dibandingkan iii dengan kelompok kontrol (0,33). Kemudian model pembelajaran CIRC juga berpengaruh terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik dengan aspek keterampilan yang sangat tinggi pada kelompok eksperimen dan tinggi pada kelompok kontrol. Kata kunci: hasil belajar kognitif, psikomotorik peserta didik, CIRC} }