@misc{eprints58044, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG}, author = {1513024024 KHOIRIYA ULFA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FKIP }, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/58044/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan komunikasi tertulis serta meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung pada materi pokok ekosistem. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Mia 1 di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung yang berjumlah 35 orang yang melakukan kelas eksperimen materi ekosistem. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Desain. Data diperoleh dari angket self assessment, angket peer assessment dan lembar observasi keterampilan komunikasi sedangkan data hasil belajar kognitif peserta didik diperoleh dari 20 soal pilihan jamak. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam menumbuhkan keterampilan iii komunikasi lisan dan komunikasi tertulis diperoleh kategori cukup dengan presentase lebih dari 75\% serta hasil belajar kognitif diperoleh kategori sedang dengan nilai N-gain 0,56. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat menumbuhkan keterampilan komunikasi lisan dan komunikasi tertulis serta hasil belajar kognitif peserta didik. Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, keterampilan komunikasi, hasil belajar kognitif, ekosistem.} }