%0 Generic %A Dina Shafina, 1513024064 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:58048 %I FKIP %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN PENGUASAAN KONSEP MATERI EKOSISTEM PESERTA DIDIK KELAS X %U http://digilib.unila.ac.id/58048/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran creative problem solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis dan penguasaan konsep peserta didik. Metode penelitian quasi eksperiment dengan rancangan pretest posttest non equivalent control group design. Sampel penelitian kelas X MIA 1 dan X MIA 3 SMA Negeri 1 Jati Agung Lampung Selatan dengan teknik cluster random sampling. Data kemampuan berpikir logis dan penguasaan konsep diperoleh melalui Test of Logical Thinking (TOLT) yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model creative problem solving berpengaruh signifikan meningkatkan kemampuan berpikir logis peserta didik dengan rata-rata N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi (0,41) dibanding kelas kontrol (0,21). Kompetensi berpikir logis tertinggi adalah indikator penalaran probabilitas, sedangkan yang terendah adalah indikator pengontrolan variabel. Selain itu penggunaan model creative problem solving juga berpengaruh signifikan iii meningkatkan penguasaan konsep peserta didik didukung dengan rata-rata N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi (0,61) dibanding kelompok kontrol (0,41). Kata kunci : kemampuan berpikir logis, penguasaan konsep, creative problem solving