%0 Generic %A Erwin Saputra, 1513051021 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:58058 %I FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENGGUNA KENDARAAN DAN TIDAK BERKENDARAAN TERHADAP KEMAMPUAN VO2MAX PADA SISWA KELAS VIII SMPN 24 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/58058/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh berkendaraan dan tidak terhadap kemampuan VO2Max pada siswa kelas VIII SMPN 24 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto dengan metode deskriptif kuantitatif. Sampel berjumlah 30 siswa berkendara dan 30 siswa yang tidak. Data VO2Max melalui bleep test sedangkan untuk mengetahui yang berkendaraan dan tidak melalui angket. Teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang lebih besar tidak berkendara (jalan kaki) terhadap kemampuan VO2Max pada siswa putra, dengan t hitung yaitu 4,549 dan t tabel signifikan α = 0,05 yaitu 1,721 maka t hitung 4,549 > 1,721. Sedangkan pengaruh yang lebih besar untuk kelompok putri yang tidak berkendara (jalan kaki) terhadap kemampuan VO2Max, dengan t hitung yaitu 2,626 dan t tabel signifikan α = 0,05 yaitu 2,015 maka t hitung 2,626 > 2,015. Kesimpulan pada penelitian ini yang tidak berkendaraan baik kelompok putra maupun putri terdapat pengaruh yang signifikan, sedangkan yang berkendara putra ada pengaruh yang signifikan untuk berkendara putri tidak ada pengaruh yang signifikan. Kata Kunci: berkendara, tidak berkendara, VO2Max This research purpose is to know the magnitude of driving and not driving influence toward the VO2Max ability at the second grade students of SMPN 24 Bandarlampung. This research uses ex post facto approach with quantitative descriptive method. The sample consists 30 students who drive and 30 students who do not. The VO2Max data were collected through MFT while to find out who drive and who do not by using questionnaire. The data analysis uses t-test. Based on the analysis result, it shows that there is a larger effect of the students who do not drive (pedestrians) toward the VO2Max ability on male students, with t- count 4,549 and t-table of significance α = 0,05 that is 1,721 so that t-count 4,549 > 1,721. While the larger effect for the female students who do not drive (pedestrians) toward the VO2Max ability with t-count 2,626 and t-table of significance α = 0,05 that is 2,015 so that t-count 2,626 > 2,015. The conclusion of this research is that the students who do not drive both male or female, there is a significant effect while there is a significant effect of the male students who drive and there is no significant effect of the female students who drive. Keywords: drive, pedestrians, VO2Max