creators_name: JHODY NALA FRAYA, 1413051042 creators_id: - type: other datestamp: 2022-04-12 07:46:08 lastmod: 2022-04-12 07:46:08 metadata_visibility: show title: PENINGKATAN PEMBELAJARAN ROLL KIP MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUKARAME ispublished: pub subjects: 790 full_text_status: restricted abstract: Penguasaan gerak roll kip masih dirasa sulit oleh sebagian besar siswa terutama siswa kelas V Sukarame, karena selain harus menguasai roll ke depan juga harus menguasai kip (melenting), yaitu melentingkan tubuh ke depan dan langsung berdiri dengan tegap. Oleh karena itu, peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan kemampun siswa dalam pembelajaran roll kip dengan menggunakan alat bantu matras yang ditumpuk, tali pinggang dari kain dan teman. Jenis penelitian ini adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan menggunakann 3 siklus yakni siklus 1 menggunakan matras yang ditumpuk, siklus II menggunakan bantuan tali pinggang dari kain, dan siklus III menggunakan alat bantuan teman. Subjek penelitian berjumlah 30 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I terdapat peningkatan sebesar 11 anak dengan persentase 36,7%, siklus II terdapat peningkatan sebesar 18 anak dengan persentase 60%, dan siklus III terdapat peningkatan sebesar 26 anak dengan persentase 86,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat bantu berupa matras yang ditumpuk, tali pinggang dari kain, dan bantuan teman dapat meningkatan pembelajaran roll kip siswa kelas V SD Negeri 1 Sukarame. Kata Kunci : matras yang ditumpuk, tali pinggang dari kain, teman, roll kip Mastery of the Kip roll motion is still difficult by most students, especially the fifth grade students of Sukarame, because in addition to having to master the roll ahead, they also have to master kip (bouncy), which is leaning forward and standing up straight. Therefore, this researcher aims to increase the ability of students in kip roll learning by using stacked mattress aids, waist straps from cloth and friends. This type of research is the Classroom Action Research model using 3 cycles, namely cycle 1 using stacked mattresses, cycle II using the help of waist straps from cloth, and cycle III using a friend's aid. The research subjects were 30 children. The results showed that the first cycle had an increase of 11 children with a percentage of 36.7%, the second cycle had an increase of 18 children with a percentage of 60%, and the third cycle had an increase of 26 children with a percentage of 86.7%. Based on the results of the study, it can be concluded that by using a tool in the form of stacked mattresses, fabric waist straps, and friend's assistance, it can improve the kip roll learning of fifth grade students at SD Negeri 1 Sukarame. .Keywords : stacked mattresses, waist straps from fabric, friends, kip roll date: 2019 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: JHODY NALA FRAYA, 1413051042 (2019) PENINGKATAN PEMBELAJARAN ROLL KIP MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUKARAME. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/58074/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/58074/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/58074/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf