TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints58088 UR - http://digilib.unila.ac.id/58088/ A1 - WIWIK SUCI AMBAR NINGSIH, 1513022041 Y1 - 2019/// N2 - Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan blended learning berbasis schoology pada materi listrik dinamis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 SMA N 5 Metro. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran blended learning berbasis schoology dengan model inkuiri tarbimbing sedangkan pada kelas kontrol digunakan pembelajaran konvensional. Pada kelas eksperimen rata-rata nilai pretes dan posttest sebesar 33,28 dan 62,34 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata pretes dan posttest sebesar 35,91 dan 44,09. Nilai rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis pada kelas ekperimen sebesar 0,43 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol dengan kategori rendah sebesar 0,10. Berdasarkan hasil dari uji Independent Sample T-test, nilai thitung> ttabel (7,266 > 0,2027) nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, maka Ho ditolak sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang siginifikan pembelajaran blended learning berbasis schoology terhadap kemampuan berpikir kritis. Pada pelaksanaan pembelajaran banyak melakukan diskusi dan eksperimen sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pelaksanaan pembelajaran kelas eksperimen 8 kali online learning dan 4 kali tatap muka sedangkan kelas kontrol hanya 4 kali pertemuan tatap muka. Hasil angket siswa didapatkan setelah pembelajaran blended learning banyak siswa yang tertarik dan menambah kemampuan berpikir kritis siswa pada saat pembelajaran melakukan blended learning. Kata kunci: blended learning, schoology , dan kemampuan berpikir kritis. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA AV - restricted ER -