creators_name: VINKA RAFLESIANA, 1413022070 creators_id: - type: other datestamp: 2022-04-11 09:40:21 lastmod: 2022-04-11 09:40:21 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN TRACKER PADA PEMBELAJARAN GERAK HARMONIK SEDERHANA BERBASIS INKUIRI TERBIMBINGTERHADAPKETERAMPILAN INTERPRETASI GRAFIK SISWA ispublished: pub subjects: 530 full_text_status: restricted abstract: Aplikasi tracker dalam pembelajaran gerak harmonis dapat membantu dalam melakukan pelacakan gerak benda pada suatu waktu yang lebih presisi dan akurat, membantu siswa mendapatkan track benda sehingga berdasarkan track tersebut siswa dapat dibimbing untuk menemukan konsep atau persamaan gerak benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan tracker pada pembelajaran gerak harmonik sederhana berbasis inkuiri terbimbing terhadap keterampilan interpretasi grafik siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Pembelajaran dilakukan dengan melakukan kegiatan praktikum gerak harmonik sederhana berbasis inkuiri terbimbing, kemudian mengolah data percobaan dengan menganalisis video percobaan menggunakan aplikasi tracker. Data keterampilan interpretasi grafik siswa diperoleh dari proses pembelajaran berupa pretest dan posttest. Teknik analisis menggunakan Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil Vinka Raflesiana iii penelitian diperoleh skor rata-rata keterampilan menginterpretasi grafik mengalami kenaikan sebesar 58,64% pada taraf kepercayaan 95% dengan rata- rata N-Gain kategori sedang (0,68). Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan tracker dapat meningkatkan keterampilan interpretasi grafik dengan baik dengan nilai signifikasi sebesar 0,00. Kata kunci: gerak harmonik sederhana, inkuiri terbimbing, keterampilan interpretasi grafik, tracker. date: 2019 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: VINKA RAFLESIANA, 1413022070 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN TRACKER PADA PEMBELAJARAN GERAK HARMONIK SEDERHANA BERBASIS INKUIRI TERBIMBINGTERHADAPKETERAMPILAN INTERPRETASI GRAFIK SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/58094/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/58094/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/58094/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf