title: PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI IMPULS DAN MOMENTUM creator: DWI KUSDAYANTI, 1513022060 subject: 370 Pendidikan description: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis POE pada materi impuls dan momentum terhadap hasil belajar fisika peserta didik di SMAN 5 Bandarlampung. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X MIA. Desain penelitian ini menggunakan True Experimental Design dengan jenis Pretest Posttest Control Group Design. Sampel penelitian pada penelitian ini adalah kelas X MIA1 dan X MIA2 dengan kemampuan awal yang relatif sama sehingga digunakan teknik simple purposive sampling. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 untuk hasil belajar ranah kognitif, psikomotorik melalui soal maupun melalui kinerja praktikum sehingga penggunaan LKPD berbasis POE pada materi impuls dan momentum berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Besarnya pengaruh yang dihasilkan berdasarkan interpretasi effect size dengan nilai indeks d sebesar 2,18 untuk ranah kognitif; 1,34 untuk ranah psikomotorik menggunakan instrumen soal, dan 1,21 untuk kinerja praktikum Dwi Kusdayanti iii dengan kriteria keseluruhan besar. Hal ini berarti bahwa penggunaan LKPD berbasis POE pada penelitian ini memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil belajar, Impuls dan momentum, LKPD, POE. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/58099/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/58099/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/58099/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: DWI KUSDAYANTI, 1513022060 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI IMPULS DAN MOMENTUM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/58099/