TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints58102 UR - http://digilib.unila.ac.id/58102/ A1 - Miftahul Hidayati, 1513032061 Y1 - 2019/09/24/ N2 - Tujuan penelitian ini untuk membandingkan antara sikap sosial peserta didik kelas XI SMA Tri Sukses Natar Lampung Selatan yang tinggal di asrama dan rumah orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI yang berjumlah 30 orang responden, 15 responden peserta didik yang tinggal di asrama dan 15 responden peserta didik yang tinggal di rumah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes skala sikap dan teknik penunjang menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara sikap sosial peserta didik yang tinggal di asrama dan peserta didik yang tinggal di rumah orang tua dengan indikator jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, bertentangan dengan lingkungannya, berpartisipasi dengan lingkungannya dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya, dengan rata-rata peserta didik yang tinggal di asrama 104,7, sedangkan peserta didik yang tinggal non asrama 101,5. Hal ini menunjukan bahwa peserta didik yang tinggal di asrama memiliki sikap sosial yang lebih baik dari pada peserta didik yang tinggal non asrama. Kata kunci : Sikap sosial, Asrama, Non asrama The aims of this research is to compare between the social attitudes of class XI students at Tri Sukses Natar High School in South Lampung who live in dorms and parents' homes. The method used in this study is a comparative method with a quantitative approach to the research subjects of class XI students, amounting to 30 respondents, 15 student respondents who live in the dormitory and 15 student respondents who live at home. Data collection techniques using attitude scale tests and supporting techniques using interviews, documentation, and observation. The results showed that there were differences between the social attitudes of students living in dormitories and students living in parents' homes with indicators of honesty, discipline, responsibility, polite, caring, confident, conflicting with their environment, participating with their environment and adjusting with the environment, with an average student living in a 104.7 dormitory, while students living in a non-dormitory 101.5. This shows that students who live in the dormitory have a better social attitude than students who live non-dormitories. Keywords: Social attitude, Boarding, Non boarding PB - Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan TI - PERBEDAAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK BERDASARKAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL (Asrama dan Non Asrama) PADA KELAS XI SMA TRI SUKSES NATAR LAMPUNG SELATAN AV - restricted ER -