%0 Generic %A HAZA KURNIA DINANTIKA, 1513022059 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:58103 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN %U http://digilib.unila.ac.id/58103/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kreativitas siswa pada materi energi terbarukan: Turbin Angin Axis Horizontal dan Kincir Air. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII IPA SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, dengan sampel kelas XII sebagai kelas eksperimen dan XII sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Data penelitian diambil dari nilai tes akhir sebanyak 10 butir soal dan hasilnya diuji menggunakan Independent Sample T-Test dan Uji Effect Size. Hasil penelitian diketahui bahwa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata nilai kreativitas sebesar 42% dengan kategori kurang kreatif, sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memiliki rata-rata nilai kreativitas sebesar 72% dengan kategori kreatif. Hasil uji Effect Size diperoleh nilai cohen’s d Haza Kurnia Dinantika iii sebesar 3,40 dan nilai effect size r sebesar 0,86 dengan kategori besar, artinya model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh sangat baik dalam meningkatkan kreativitas siswa. Berdasarkan uji hipotesis terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kreativitas siswa pada materi energi terbarukan. Kata kunci: Project Based Learning, Kreativitas Siswa, Energi Terbarukan.