TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints5812 UR - http://digilib.unila.ac.id/5812/ A1 - Eli Komariah, 1013024032 Y1 - 2014/11/26/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan model pembelajaran CPS dengan MEA dalam meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar pada ranah kognitif siswa. Desains penelitian adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa presentase sikap ilmiah siswa yang diperoleh dari hasil observasi yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji-t dan uji U. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran CPS dan MEA keduanya dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa. Rata-rata sikap ilmiah siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas CPS maupun kelas MEA sama-sama berkriteria baik, yaitu pada kelas CPS adalah 84,90%, dan pada kelas MEA adalah 82,38%. Kemudian, peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa pada kelas MEA lebih tinggi dibandingkan pada kelas CPS dengan rata-rata N-gain pada kelas MEA yaitu 53,00 ± 13,70, sedangkan rata-rata N-gain pada kelas CPS yaitu 46,26 ± 15,40. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif C4 dengan rata-rata N-gain indikator C4 pada kelas MEA sebesar 63,37± 18,61. Dengan demikian, model CPS maupun MEA dapat digunakan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa. Sedangkan penerapan model MEA lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa secara signifikan dibandingkan dengan model CPS. Kata kunci : Sikap Ilmiah, Hasil belajar, Model CPS, Model MEA, Sistem Imunitas PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - Perbandingan Penggunaan Model Creative Problem solving (CPS) dengan Means Ends Analysis (MEA) terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar pada Materi Pokok Sistem Imunitas AV - restricted ER -