TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints58122 UR - http://digilib.unila.ac.id/58122/ A1 - RENY WIDYANTI, 1513022018 Y1 - 2019/// N2 - Strategi pembelajaran yang diimplementasikan dengan teknik pembelajaran yang didukung dengan media baik berupa gambar dua dimensi, animasi, ataupun video dapat menjadikan peserta didik lebih mudah menangkap, memproses, dan menyusun informasi visual atau verbal yang diterima sebagai pengetahuan dalam proses pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran pictorial riddle berbantukan LKPD berbasis inquiry learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandarlampung, dan sampel penelitiannya adalah kelas VIII-a dan VIII-b. Desain penelitian ini menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Nilai N-gain yang diperoleh dari hasil pretest dan postetst diuji menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil uji Independent Sample T-test diperoleh perbedaan N-gain yang signifikan dengan tingkat signifikansi iii Reny Widyanti < 0,05 dan effect size sebesar 0,9 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan teknik pemebelajaran pictroial riddle berbantukan LKPD berbasis inquiry learning terhadap keterampilan proses sains dengan size pengaruh dalam kriteria besar. Kata Kunci: Inquiry learning, keterampilan proses sains, pemantulan cahaya, dan pictorial riddle. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE BERBANTUKAN LKPD BERBASIS INQUIRY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PEMANTULAN CAHAYA AV - restricted ER -