%A 1513022062 Nanda Rizqi Caesarani %T PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi REACT terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi energi terbarukan: kincir air, kincir angin dan energi tenaga matahari. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XII SMAN 5 Bandar Lampung, dengan sampel kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Data diperoleh dari nilai pretest dan posttest sebanyak 10 butir soal kemampuan berpikir kritis. Hasil yang diperoleh di uji menggunakan Independent Sample T-test dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,000. Hasil uji effect size memiliki nilai cohen?s d sebesar 1,22 dengan interprestasi tinggi. Berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa penggunaan strategi REACT berpengaruh signifikan iii terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan. Kata kunci: Strategi REACT, Kemampuan Berpikir Kritis, Energi Terbarukan %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints58137