?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=Penggunaan+Model+Problem+Based+Learning+(PBL)+Untuk+Meningkatkan+Aktivitas+dan+Hasil+Belajar+Siswa+Pada+Materi+Pokok+Lingkungan&rft.creator=Destya+Norrahmah%2C+1013024075&rft.subject=+&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+peningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+pada+materi+pokok+lingkungan.+Penelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimental+dengan+desain+pretes+postes+kelompok+non-ekuivalen.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+X1+dan+X2+yang+dipilih+dari+populasi+secara+purposive+sampling.+Data+penelitian+berupa+data+kuantitatif+dan+kualitatif.+Data+kuantitatif+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretes+dan+postes+yang+dianalisis+secara+statistik+dengan+uji+normalitas+data%2C+uji+U+dan+uji+t.+Data+kualitatif+berupa+data+aktivitas+belajar+siswa%2C+tanggapan+siswa+terhadap+penggunaan+model+PBL%2C+dan+keterlibatan+siswa+dalam+proses+pembelajaran+PBL+yang+dianalisis+secara+deskriptif.%0D%0A%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+rata-rata+persentase+peningkatan+aktivitas+siswa+dalam+semua+aspek+yang+diamati++pada+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol+(eksperimen+%3D+75%2C91%3B++kontrol+%3D+57%2C92).+Selain+itu%2C+sebagian+besar+siswa+memberikan+tanggapan+positif+terhadap+penggunaan+model+PBL+dan+terlibat+dalam+proses+pembelajaran+PBL.+Penggunaan+model+PBL+dapat+meningkatkan+hasil+belajar+siswa+dengan+rata-rata+N-gain+yang+berkriteria+tinggi+(74%2C10%25).+Peningkatan+hasil+belajar+terjadi+pada+semua+indikator+aspek+kognitif+(C2+dan+C4)+dengan+rata-rata+N-gain+berkriteria+tinggi+(79%2C17%25)+untuk+indikator+kognitif+C2%3B+dan+indikator+kognitif+C4+berkriteria+sedang+(69%2C02%25).+Peningkatan+ini+terjadi+karena+siswa+telah+dilatih+untuk+memahami+wacana+dan+gambar+yang+ada+pada+LKS%2C+dengan+begitu+siswa+dapat+mengumpulkan+informasi+dari+berbagai+sumber%2C+sehingga+siswa+memiliki+data+yang+cukup+untuk+menyelesaikan+permasalahan+yang+ada+pada+tiap+LKS+yang+diberikan+setiap+pertemuan.+Dengan+demikian+penggunaan+model+PBL+pada+materi+pokok+Lingkungan+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A++Aktivitas+Belajar%2C+Hasil+Belajar%2C+Lingkungan%2C+dan+Model+PBL&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2014-11-26&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F5%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F6%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F7%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F8%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F9%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F10%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F12%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F13%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F14%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F15%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F16%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F18%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Destya+Norrahmah%2C+1013024075++(2014)+Penggunaan+Model+Problem+Based+Learning+(PBL)+Untuk+Meningkatkan+Aktivitas+dan+Hasil+Belajar+Siswa+Pada+Materi+Pokok+Lingkungan.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5814%2F