%0 Generic %A MIRDA RAVIANY, 1513022064 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:58141 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING PADA MATERI LISTRIK STATIS BERBASIS WHATSAPP TERHADAP KOMPONEN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/58141/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh blended learning berbantuan whatsapp pada materi listrik statis terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksperimen semu atau quasi-experiment design dengan jenis the non-equivalent control group design. Semua data tes diperoleh data berdistribusi normalitas, homogenitas dan independent sample t-test sehingga data dapat dikatakan memiliki perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran blended learning dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran direct instruction. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran secara blended learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa dapat dilihat dari hasil tes kedua kelas sebelum dan sesudah pembelajaran. Kata Kunci: Blended Learning, whatsapp, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi