creators_name: LUSIANA SHINTA DEWI, 121322034 creators_id: - type: other datestamp: 2022-04-12 07:55:35 lastmod: 2022-04-12 07:55:35 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN LKS MATERI KALOR DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA ispublished: pub subjects: 530 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi kalor, mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan produk yang dikembangkan, serta mendeskripsikan keefektifan produk yang dikembangkan dalam pembelajaran. Penelitian ini berpedoman pada desain penelitian pengembangan yang dimulai dengan menganalisis potensi dan masalah sekaligus mengumpulkan data. Selanjutnya mendesain produk sehingga dihasilkan produk prototipe I. Setelah itu, dilakukan uji validasi ahli terhadap produk prototipe I sampai dengan diperoleh produk yang sudah tervalidasi (produk prototipe II). Tahap selanjutnya uji coba produk melalui uji satu lawan satu. Hasil uji satu lawan satu ini menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan memperoleh skor kemenarikan 3,38 dengan kategori sangat baik, skor kemudahan 3,39 dengan kategori sangat baik, dan skor kemanfaatan 3,61 dengan kategori sangat baik. Tahapan selanjutnya revisi produk, setelah direvisi maka dilakukan uji coba pemakaian melalui uji lapangan. Berdasarkan hasil uji lapangan, LKS yang dikembangkan memperoleh skor kemenarikan 3,19 dengan kategori baik, Lusiana Shinta Dewi skor kemudahan 3,20 dengan kategori baik, dan skor kemanfaatan 3,38 dengan kategori sangat baik. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa 79,41% siswa tuntas KKM, sehingga produk dinyatakan efektif dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Tahapan selanjutnya revisi produk, hasil revisi disebut dengan produk prototipe III yang merupakan produk akhir dalam penelitian pengembangan ini. Kata kunci: Pengembangan LKS, LKS Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kreatif Siswa. date: 2019 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: LUSIANA SHINTA DEWI, 121322034 (2019) PENGEMBANGAN LKS MATERI KALOR DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/58144/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/58144/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/58144/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf