%A 1413022032 I KADEK IRFANDO DWIKKI SADEWA %T PENGARUH PENERAPAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP BERDASARKAN PERBEDAAN GAYA BELAJAR %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP berdasarkan perbedaan gaya belajar. Sampel penelitiannya, yaitu siswa kelas VIII A dan VIII C SMP Negeri 1 Seputih Banyak. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain faktorial 2x3. Data dianalisis dengan uji Two Way Anova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata nilai pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu 25,38 dan 17,31. Setelah dilakukan penerapan model ADI pada kelas eksperimen diperoleh rerata postest 60,86, sedangkan kelas kontrol dengan model non ADI diperoleh rerata postest 42,26. Berdasarkan hasil uji Two Way Anova pada model pembelajaran diperoleh nilai Sig. kurang dari 0,05 yaitu 0,000, maka terdapat pengaruh signifikan model ADI terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Selanjutnya, nilai Sig. gaya belajar kurang dari 0,05 yaitu 0,011 berarti terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa pada ketiga tipe gaya belajar menggunakan model ADI. Uji Two Way Anova. Hasil interaksi model pembelajaran dengan gaya belajar diperoleh nilai Sig. kurang dari 0,05 yaitu 0,017, sehingga terdapat interaksi antara penerapan model Argument Driven Inquiry dengan tipe gaya belajar dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Argument Driven Inquiry, Berpikir Kritis, Gaya Belajar. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints58149