%0 Generic %A ENDRIARUM RIZKINA MAULIDA, 1513022068 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:58152 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FISIKA DI SMA %U http://digilib.unila.ac.id/58152/ %X Hasil belajar siswa masih rendah karena siswa cenderung pasif, yaitu hanya menghafal rumus tanpa memahami konsep. Penerapan model pembelajaran problem based instruction (PBI) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan mampu memecahkan permasalahan suatu konsep melalui eksperimen yang dilakukan berkaitan dengan kehidupan nyata. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fisika di SMA. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI MIPA 2. Desain penelitian menggunakan One-Group-pretest-posttest control group design. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen tes keterampilan berpikir kritis. Hasil uji yang dilakukan untuk melihat pengaruh penerapan model PBI, yaitu nilai N-Gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang, nilai N-Gain pada dua indikator kemampuan berpikir kritis yaitu Basic Support sebesar 0,6 kategori Endriarum Rizkina Maulida sedang, dan indikator Inferring sebesar 0,7 kategori tinggi. Serta nilai signifikan uji Paired Sample T-test sebesar < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari N-Gain dan Paired Sample T- test yang artinya bahwa terdapat pengaruh secara signifikan penerapan model pembelajaran PBI terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: pengaruh model pembelajaran, problem based instruction, kemampuan berpikir kritis