title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN creator: KINTANISA DINANTI PUTRI, 1513022057 subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan menggunakan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa pada materi energi terbarukan. Materi pada penelitian ini meliputi energi: konvensional, terbarukan, tenaga matahari, tenaga angin, dan tenaga air. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII MIPA4 yang menjadi kelas eksperimen dan XII MIPA5 menjadi kelas kontrol di SMA Negeri 3 Kotabumi menggunakan Pretest- Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Energi Terbarukan, dengan skor T-Test rata-rata nilai sig yang diperoleh adalah 0,000 dimana nilai sig lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak. Hasil uji effect size yang diperoleh dari perhitungan cohen’s d sebesar 2,34 dan hasil nilai effect size r Kintanisa Dinanti Putri iii diperoleh sebesar 0,76 hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berpengaruh cukup tinggi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: model pembelajaran kontekstual, hasil belajar, energi terbarukan. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/58160/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/58160/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/58160/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: KINTANISA DINANTI PUTRI, 1513022057 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/58160/