TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints58204 UR - http://digilib.unila.ac.id/58204/ A1 - AHMAD NUR FUADI, 1413022003 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes keterampilan berpikir tingkat tinggi materi usaha dan energi dalam bentuk Two-Tier Multiple Choice. Metode yang digunakan ialah metode pengembangan instrumen tes oleh Istiyono dkk. (2014) yang secara umum terdiri dari tiga tahapan diantaranya tahap perancangan tes, uji coba tes dan perakitan tes. Pada salahsatu tahap perancangan tes dilakukan uji ahli kepada tiga orang ahli yang menguasai materi usaha dan energi serta ahli pembelajaran fisika. Setelah mendapatkan hasil uji dari ahli instrumen tes diujicobakan secara terbatas. Subjek yang digunakan dalam uji coba ini berjumlah 32 siswa. Data yang telah diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan Model Rasch dengan aplikasi Ministep Winstep. Berdasarkan hasil analisis Model Rasch dapat disimpulkan bahwa instrumen tes keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dikembangkan valid dan realibel dengan nilai relibilitas sebesar 0,77 yang berarti memiliki realibilitas tinggi, dengan demikian instrumen tes memiliki kelayakan sebagai instrumen penilaian. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Instrumen Tes, Usaha dan Energi, Model Rasch PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI USAHA DAN ENERGI AV - restricted ER -