?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGEMBANGAN+INSTRUMENT+PERFORMANCE+ASSESSMENT+UNTUK+%0D%0AMENGUKUR+PROBLEM+SOLVING+SKILL+PADA+PEMBELAJARAN+%0D%0AFISIKA+BERBASIS+INKUIRI+SISWA+SMA&rft.creator=ALDA+NOVITA+SARI%2C+1513022033&rft.subject=370+Pendidikan&rft.description=Assessment+hasil+belajar+siswa+menggunakan+perangkat+instrument+performance%0D%0Abelum+sepenuhnya+diterapkan%2C+bahkan+ada+yang+belum+sama+sekali.+Pentingnya+%0D%0Amenilai+siswa+untuk+mengetahui+perkembangan+kemampuan+belajar+dalam+%0D%0Amemecahkan+masalah%2C+tetapi+masih+banyak+kendala+yang+dihadapi+pendidik+untuk+%0D%0Amembuat+perangkat+penilaian+tersebut.+Kondisi+ini+pula+yang+terjadi+pada+SMAN+%0D%0A5%2C+SMAN+15%2C+dan+SMAN+16+Bandar+Lampung.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+%0D%0Amenghasilkan+produk+yang+valid+serta+mengetahui+kelayakan+konstruksi%2C+%0D%0Asubstansi%2C+dan+bahasa+pada+instrument+performance+assessment+untuk+mengukur+%0D%0Aproblem+solving+skill+pada+pembelajaran+fisika+berbasis+inkuiri+siswa+SMA.%0D%0ADesain+penelitian+yang+digunakan+adalah+model+pengembangan+Sugiyono+(2018%3A+%0D%0A409)%2C+yaitu+(1)+potensi+dan+masalah%2C+yaitu+terdapat+92%25+nilai+fisika+yang+baik%0D%0Atetapi+penilaian+semua+aspek+masih+tergolong+belum+merata%2C+yaitu+53%25+afektif%2C+%0D%0AAlda+Novita+Sari%0D%0A17%25+psikomotor%2C+30%25+subjektif.+(2)+pengumpulan+data+diperoleh+bahwa+100%25+%0D%0Aguru+dan+93%25+siswa+menyatakan+perlu+dikembangkan+instrument.+(3)+desain+%0D%0Aproduk+oleh+peneliti%2C+yaitu+analisis+konten%2C+penyusunan+kisi-kisi%2C+skenario+%0D%0Apembelajaran%2C+tugas+performance%2C+skala+instrument%2C+rubrik%2C+dan+pedoman+%0D%0Apenskoran.%2C+(4)+validasi+desain+dosen+dan+guru+terkait+uji+konstruksi%2C+substansi%2C+%0D%0Adan+bahasa.+(5)+revisi+desain+dari+keempat+validator+bahwa+produk+perlu+%0D%0Apenyempurnaan+agar+layak+digunakan.+Produk+instrument+performance+%0D%0Aassessment+telah+valid+dikarenakan+validator+ahli+menerima+instrumen+baik+secara+%0D%0Aisi+maupun+formatnya+antara+lain+kisi-kisi+instrument%2C+skenario+pembelajaran%2C+%0D%0Arubrik%2C+dan+pedoman+penskoran+sudah+tidak+ada+perbaikan+kembali.+Skor+total+%0D%0Avalidator+mengenai+aspek+konstruksi+dengan+skor+3%2C59%2C+aspek+substansi+dengan+%0D%0Askor+3%2C56%2C+dan+aspek+bahasa+dengan+skor+3%2C58.+Hasil+uji+validasi+tersebut+memiliki+%0D%0Akriteria+kualitas+sangat+layak%2C+produk+instrument+performance+assessment+untuk+%0D%0Amengukur+problem+solving+skill+pada+pembelajaran+fisika+berbasis+inkuiri+siswa+%0D%0ASMA+dapat+digunakan.%0D%0AKata+kunci%3A+inkuiri%2C+instrument+performance+assessment%2C+pembelajaran+fisika%2C+%0D%0Aproblem+solving+skill.%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2019&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F58209%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F58209%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F58209%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++ALDA+NOVITA+SARI%2C+1513022033++(2019)+PENGEMBANGAN+INSTRUMENT+PERFORMANCE+ASSESSMENT+UNTUK+MENGUKUR+PROBLEM+SOLVING+SKILL+PADA+PEMBELAJARAN+FISIKA+BERBASIS+INKUIRI+SISWA+SMA.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F58209%2F