%0 Generic %A ANNISA TASYA MARSAKHA, 1513022024 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:58214 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENGGUNAAN BSE INTERAKTIF BERBASIS LCDS PADA MATERI INTI ATOM DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HOTS DAN SIKAP ILMIAH SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/58214/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan BSE interaktif berbasis LCDS pada materi inti atom dengan pendekatan saintifik terhadap HOTS siswa, mengetahui pengaruh penggunaan BSE interaktif berbasis LCDS pada materi inti atom dengan pendekatan saintifik terhadap sikap ilmiah siswa, dan mengetahui rata-rata HOTS siswa setelah menggunakan BSE interaktif dengan BSE non-interaktif. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design, dengan menggunakan subjek siswa SMAN 3 Kotabumi kelas XII IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan menggunakan BSE non interaktif dankelas XII IPA 5 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan BSE interaktif berbasis LCDS pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil analisis data pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata posttest HOTS sebesar 80,7sedangkan rata-rata pretest sebesar 38,0. Rata-rata sikap ilmiah siswa pada kelas eksperimen sebesar 3,53, sedangkan kelas kontrol sebesar 3,40. Rata-rata N-gain HOTS siswa yang menggunakan BSE iii interaktif berbasis LCDS memperoleh sebesar 0,69 (kategori sedang), sedangkan kelas yang menggunakan BSE non interaktif memperoleh rata-rata N-gain HOTS sebesar 0,63 (kategori sedang). Terdapat perbedaan signifikan HOTS dan sikap ilmiah pada kedua kelas. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan BSE interaktif berbasis LCDS dengan pendekatan saintifik pada materi inti atom terhadapHOTSdan sikap ilmiah siswa. Kata kunci: BSE Interaktif, LCDS, Inti Atom, HOTS, Sikap Ilmiah