%0 Generic %A AKDA FADILLAH, 1513053054 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:58261 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENERAPAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS BERBASIS TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 JATIMULYO %U http://digilib.unila.ac.id/58261/ %X Masalah penelitian ini adalah hasi belajar IPS pada pembelajaran tematik peserta didik di SDN 1 Jatimulyo masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) perbandingan hasil belajar IPS berbasis tematik yang menggunakan strategi giving question and getting answer dengan menggunakan pembelajaran konvensional, dan 2) untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran dengan strategi giving question and getting answer terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Jatimulyo. Sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas VA dan VC SDN 1 Jatimulyo. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linear sederhana dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis hipotesis dinyatakan bahwa 1) Ada perbedaan hasil belajar IPS berbasis tematik yang mengggunakan strategi giving question and getting answer dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional, dan 2) ada pengaruh penerapan strategi giving question and getting answer terhadap hasil belajar IPS pada pembelajaran tematik. Kata Kunci: giving question and getting answer, tematik dan hasil belajar IPS.