?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGGUNAAN+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR%0D%0ASISWA+PADA+MATERI+POKOK+LINGKUNGAN&rft.creator=pertiwi+primasari%2C+1013024053&rft.subject=+&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penggunaan+model+PBL+dalam+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Penelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimental+dengan+desain+pretes+postes+kelompok+tak+ekuivalen.++Sampelnya+adalah+siswa+kelas+X3+dan+X4+yang+dipilih+secara+purposive+sampling.++Data+kuantitatif+diperoleh+dari+nilai+pretes%2C+postes%2C+dan+N-gain+yang+dianalisis+secara+statistik+dengan+uji+t+dan+uji+U.+sedangkan+data+kualitatif+berupa+aktivitas+belajar+siswa%2C+angket+tanggapan+serta+keterlibatan+siswa+terhadap+penggunaan+model+PBL++yang+dianalisis+secara+deskriptif.%0D%0A%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+rata-rata+persentase+peningkatan+aktivitas+siswa+dalam+semua+aspek+yang+diamati+berkriteria+%E2%80%9Cbaik%E2%80%9D+(77%2C39%25+%C2%B1+22%2C87).+Dengan+persentase+pada+aspek+bekerja+sama+(92%2C39%25+%C2%B1+0%2C28)+dan+mempresentasikan+hasil+diskusi+(88%2C04%25+%C2%B1+0%2C42)+mempunyai+kriteria+%E2%80%9Csangat+baik%E2%80%9D.+Selanjutnya+untuk+aspek+menuliskan+rumusan+masalah+(86%2C96%25+%C2%B1+0%2C33)+dan+mengumpulkan+informasi+(82%2C61%25+%C2%B1+0%2C32)+berkriteria+%E2%80%9Cbaik%E2%80%9D.+Namun%2C+pada+aspek+mengajukan+pertanyaan+(36%2C96%25+%C2%B1+0%2C75)+memiliki+kriteria+yang+%E2%80%9Ckurang%E2%80%9D.+Rata-rata+hasil+belajar+siswa+meningkat+dengan+N-gain+dari+pretes+dan+postes+yang+berkriteria+%E2%80%9Ctinggi%E2%80%9D+(71%2C04%25).+Peningkatan+hasil+belajar+terjadi+pada+semua+indikator+kognitif+(C2+dan+C4)+dengan+rata-rata+N-gain+berkriteria+%E2%80%9Ctinggi%E2%80%9D+untuk+indikator+kognitif+C2+(71%2C45%25)%3B+dan+C4+(70%2C62%25).+Selain+itu%2C+sebagian+besar+siswa+memberikan+tanggapan+positif+dan+keterlibatannya+dalam+penggunaan+model+PBL.+Dengan+demikian%2C+pembelajaran+menggunakan+model+PBL+berpengaruh+dalam+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A++Aktivitas+belajar%2C+hasil+belajar%2C+lingkungan%2C+dan+model+PBL%0D%0A%0D%0A%0D%0A%0D%0A%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2014-11-26&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F3%2FCOVER%2520LUAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F4%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F5%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F6%2FHALAMAN%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F7%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F8%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F9%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F10%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F11%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F12%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F13%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F14%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F15%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F16%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F17%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F18%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F19%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++pertiwi+primasari%2C+1013024053++(2014)+PENGGUNAAN+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+MATERI+POKOK+LINGKUNGAN.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5828%2F