%A 1013024053 pertiwi primasari %T PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampelnya adalah siswa kelas X3 dan X4 yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik dengan uji t dan uji U. sedangkan data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, angket tanggapan serta keterlibatan siswa terhadap penggunaan model PBL yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase peningkatan aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati berkriteria ?baik? (77,39% ? 22,87). Dengan persentase pada aspek bekerja sama (92,39% ? 0,28) dan mempresentasikan hasil diskusi (88,04% ? 0,42) mempunyai kriteria ?sangat baik?. Selanjutnya untuk aspek menuliskan rumusan masalah (86,96% ? 0,33) dan mengumpulkan informasi (82,61% ? 0,32) berkriteria ?baik?. Namun, pada aspek mengajukan pertanyaan (36,96% ? 0,75) memiliki kriteria yang ?kurang?. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dengan N-gain dari pretes dan postes yang berkriteria ?tinggi? (71,04%). Peningkatan hasil belajar terjadi pada semua indikator kognitif (C2 dan C4) dengan rata-rata N-gain berkriteria ?tinggi? untuk indikator kognitif C2 (71,45%); dan C4 (70,62%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif dan keterlibatannya dalam penggunaan model PBL. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Aktivitas belajar, hasil belajar, lingkungan, dan model PBL %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints5828