creators_name: pertiwi primasari, 1013024053 creators_id: primasaripertiwi21@gmail.com type: other datestamp: 2014-12-17 03:46:53 lastmod: 2014-12-17 03:46:53 metadata_visibility: show title: PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampelnya adalah siswa kelas X3 dan X4 yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik dengan uji t dan uji U. sedangkan data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, angket tanggapan serta keterlibatan siswa terhadap penggunaan model PBL yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase peningkatan aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati berkriteria “baik” (77,39% ± 22,87). Dengan persentase pada aspek bekerja sama (92,39% ± 0,28) dan mempresentasikan hasil diskusi (88,04% ± 0,42) mempunyai kriteria “sangat baik”. Selanjutnya untuk aspek menuliskan rumusan masalah (86,96% ± 0,33) dan mengumpulkan informasi (82,61% ± 0,32) berkriteria “baik”. Namun, pada aspek mengajukan pertanyaan (36,96% ± 0,75) memiliki kriteria yang “kurang”. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dengan N-gain dari pretes dan postes yang berkriteria “tinggi” (71,04%). Peningkatan hasil belajar terjadi pada semua indikator kognitif (C2 dan C4) dengan rata-rata N-gain berkriteria “tinggi” untuk indikator kognitif C2 (71,45%); dan C4 (70,62%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif dan keterlibatannya dalam penggunaan model PBL. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Aktivitas belajar, hasil belajar, lingkungan, dan model PBL date: 2014-11-26 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: pertiwi primasari, 1013024053 (2014) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/3/COVER%20LUAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/4/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/5/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/6/HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/8/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/9/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/10/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/11/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/12/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/14/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/15/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/16/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/17/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/18/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5828/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf