@misc{eprints5829, month = {Nopember}, title = {PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA DIRI SENDIR DI KELAS II SDS TRI SUKSES KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, author = {1013079179 Ali Widodo}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5829/}, abstract = {ABSTRAK Suatu kegiatan pembelajaran akan sangat bermakna bagi siswa, apabila kegiatan pembelajaran tersebut mengutamakan interaksi dan komunikasi yang baik antara guru dan muridnya, artinya kegiatan pembelajaran yang dilakukan merupakan tempat bagi siswa dalam mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa, sehingga tujuan pendidikan yang ingin dicapai dapat terlaksana. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. 1) Apakah penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan pengetahuan siswa pada tema diri sendiri di kelas II SDSTri Sukses kecamatan Natar kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2014/2015?. 2) Apakah penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema diri sendiri di kelas II SDSTri Sukses kecamatan Natar kabupaten lampung Selatan tahun pelajaran 2014/2015?. 3) Bagaimanakah hubungan antara pengetahuan dengan hasil belajar siswa pada tema diri sendiri dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture di kelas II SDS Tri Sukses kecamatan Natar Kabupaten Lampung selatan tahun pelajaran 2014/2015?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pengetahuan dan hasil belajar siswa kelas II SDS Tri Sukses Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, dalam pembelajaran pada tema diri sendiri dengan menggunakan model pembelajaran Picture and picture. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus enam kali pertemuan dan terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, penilaian/pengamatan dan refleksi. Untuk pengumpulan data menggunakan metode pedoman wawancara dan tes. Pembelajaran pada tema diri sendiri dengan menggunakan Model Pembelajaran Picture and picture dapat meningkatkan pengetahuan dan hasil belajar siswa kelas II SDS Tri Sukses. Pada siklus pertama pengetahuan siswa masih rendah kategori pengetahuan tinggi 0,00\% dan hasil belajar siswa berkategori cukup I dan baik masih rendah dengan persentase 48,00\%, pada siklus kedua pengetahuan siswa kategori pengetahuan tinggi 28.00\% dan hasil belajar siswa berkategori cukup dan baik ada peningkatan dengan persentase 72,00\%, dan pada siklus ketiga pengetahuan siswa kategori pengetahuan tinggi 68,00\% dan hasil belajar siswa berkategori cukup dan baik ada peningkatan dari siklus dua yaitu 88,00\%. Jadi penggunaan model pembelajaran Picture and picture terhadap siswa kelas II pada siklus 3 dapat meningkatkan pengetahuan dan hasil belajar siswa kelas II SDS Tri Sukses Kecamatan Natar Kabupaten Lampung selatan. Kata kunci: Pengetahuan dan Hasil belajar, Model Pembelajaran Picture and picture} }