%0 Thesis %9 Masters %A Andreas Yogi Santoso , 0923011002 %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2014 %F eprints:5831 %I Universitas Lampung %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK PADA SISWA KELAS VII SMP TUNAS MEKAR INDONESIA %U http://digilib.unila.ac.id/5831/ %X Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah (1) memperbaiki proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran berbasis projek, (2) menganalisis pelaksanaan pembelajaran, (3) menganalisis sistem evaluasi pembelajaran, dan (4) menganalisis peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis projek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di Sekolah Tunas Mekar Indonesia. Ada tiga siklus dalam penelitian ini. Pada siklus pertama, siswa diminta untuk menulis karangan deskripsi tentang tempat wisata favorit mereka. Pada siklus kedua, siswa diminta untuk mencari gambar tempat wisata favorit mereka melalui internet. Setelah itu, mereka diminta untuk menuliskan deskripsi tempat wisata berdasar gambar tersebut. Pada siklus ketiga, siswa diminta untuk membuat sebuah desain tempat wisata rancangan mereka sendiri. Setelah itu, mereka diminta untuk mendeskripsikan rancangan mereka tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) rencana desain Pembelajaran menggunakan metode ASSURE (Menganalisa peserta didik, Menentukan tujuan pembelajaran, memilih media, bahan dan materi pembelajaran, Menggunakan media, bahan dan Materi pembelajaran, Mendorong partisipasi siswa serta Evaluasi dan Perbaikan) bisa menghasilkan rencana pembelajaran yang baik untuk bersandar berbasis projek. (2) proses pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa adalah pembelajaran berbasis projek yang meliputi proses penjelasan materi, merancang projek dan membuat karangan deskripsi tentang proyek siswa. (3) Sistem evaluasi yang cocok untuk penelitian ini evaluasi perencanaan, evaluasi pelaksanaan dan evaluasi projek (isi, organisasi, kosakata, tata bahasa dan mekanisme) (4) pembelajaran berbasis projek dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci: menulis deskriptif, pembelajaran berbasis projek, evaluasi belajar Abstract The purposes of this research were (1) to fix learning proses, (2) to analyze learning implementation, (3) to analyze learning evaluation system, and (4) to analyze improving learning achievement of students using Project based learning method. This research was a class action research that was conducted in Tunas Mekar Indonesia Junior High school. There were three cycles in this research. On the first cycle, the students were asked to write a descriptive writing about their favorite tourism place. On the second cycle, the students were asked to search the pictures of their favorite tourism place. After that, they should write the description of the place based on the picture. On the third cycle, the students were asked to draw design of their own tourism places. After that, they should write the description of their design The result of this research were: (1) Lesson plan design using ASSURE method (Analyze learners, State Objectives, Select, Media and Materials, Utilize Media and Materials, Require Learner Participation and Evaluate and Review) could produce good lesson plan for project based learning. (2) The learning process that could increase descriptive writing skill of the students was project based learning which included the process of material explanation, project designing and project describing. (3) The evaluating system that was suitable for this research was planning evaluation, implementation evaluation and project evaluation (contain, organization, vocabulary, grammar and mechanics). (4) Project based learning could improve students achievement. Key words: descriptive writing, project based learning and evaluation process