creators_name: Pramudia Prastika, 1013033051 creators_id: pramudiaprastika@gmail.com type: other datestamp: 2014-12-17 03:18:33 lastmod: 2014-12-17 03:18:33 metadata_visibility: show title: PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPA MA DARUL A’MAL METRO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Efektivitas penggunaan model pembelajaran berdampak pada aktivitas dan hasil belajar. Model pembelajaran dirancang agar dapat menumbuhkan aktivitas belajar dan hasil belajar yang optimal. Efektivitas tidak hanya dilihat dari hasil belajar namun juga bagaimana proses pembelajaran berlangsung. Dalam sebuah model pembelajaran tersusun atas komponen yang membentuk efektivitas model pembelajaran. Komponen yang membentuk efektivitas model pembelajaran terdiri dari fokus, sintaks, sistem sosial, dan sistem pendukung. Model pembelajaran cooperative group investigation (GI) merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana efektivitas penggunaan model pembelajaran cooperative group investigation (GI) dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPA 2 ? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran cooperative group investigation (GI) dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPA 2 MA Darul A’mal Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan model pembelajaran cooperative group investigation (GI) dalam pembelajaran sejarah berdasarkan kuesioner mencapai persentase 78,8% yang diinterpretasikan masuk dalam kategori kuat, dan perolehan data lembar observasi mencapai persentase 77,8% yang diinterpretasikan masuk dalam kategori kuat. Makna efektivitas kuat dalam penelitian ini yakni model pembelajaran ini tepat digunakan dalam proses pembelajaran sejarah. date: 2014-11-19 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FKIP thesis_type: other citation: Pramudia Prastika, 1013033051 (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPA MA DARUL A’MAL METRO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/5/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/7/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/13/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/8/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/9/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/10/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/11/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/12/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/14/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/15/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/18/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/16/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5832/17/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf