TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints5838 UR - http://digilib.unila.ac.id/5838/ A1 - NI KETUT RIA WANTINI, 0853041026 Y1 - 2014/11/24/ N2 - Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tuturan bertanya siswa Pendidikan Anak Usia Dini Nusa Jaya Seputih Mataram Lampung Tengah di lingkungan sekolah dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif dan sumber datanya adalah tuturan antarsiswa, tuturan antara guru dan siswa, dan tuturan antara siswa dengan orang lain yang ada di lingkungan sekolah pada siswa PAUD Nusa Jaya Seputih Mataram Lampung Tengah tahun pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tuturan bertanya yang muncul dilakukan dengan dua cara, yakni bertanya langsung dan bertanya tidak langsung. Tuturan bertanya tidak langsung terdiri atas (1) tuturan bertanya sebagai ekspresi tindak tutur memerintah, (2) tuturan bertanya sebagai ekspresi tindak tutur memberitahukan, (3) tuturan bertanya sebagai ekspresi tindak tutur mengajak, dan (4) tuturan bertanya sebagai ekspresi tindak tutur memohon. Hasil penelitian berimplikasi pada pembelajaran bahasa di Pendidikan Anak Usia Dini sebagai tambahan referensi bagi guru untuk menggunakan materi dan kegiat-an yang berkaitan dengan tututan bertanya seperti materi sensorial, materi konsep-tual, dan materi kehidupan praktis (sehari-hari). Selain materi tersebut sesuai dengan kurikulum PAUD, materi itu pun dapat mengajarkan anak didik terbiasa dan berani untuk bertanya. Ni Ketut Ria Wantini PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - TUTURAN BERTANYA SISWA PAUD NUSA JAYA SEPUTIH MATARAM LAMPUNG TENGAH DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - public ER -