title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV A SD N 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014 creator: Umy Faridha, 1013053098 subject: description: Pembelajaran tematik di kelas IV A SD N 7 Metro Pusat belum berlangsung seperti yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa dengan nilai ketuntasan ≥ 66 terdapat 14 siswa (54%) dari 26 siswa yang sudah mencapai ketuntasan untuk sikap sosial, 17 siswa (65%) untuk pengetahuan, dan 13 siswa (50%) untuk keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa berupa sikap sosial, keterampilan berbicara, dan pengetahuan siswa dengan menerapkan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran VCT mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari ketuntasan sikap sosial siswa meningkat dari 51,92% (Cukup) pada siklus I menjadi 61,54% (Cukup) pada siklus II dan pada siklus III meningkat menjadi 80,77% (Sangat Baik). Ketuntasan pengetahuan siswa meningkat dari 51,92% (Cukup) pada siklus I menjadi 65,38% (Cukup) pada siklus II dan pada siklus III meningkat menjadi 78,85% (Baik). Sedangkan ketuntasan keterampilan berbicara siswa meningkat dari 53,85% (Cukup) pada siklus I menjadi 67,31% (Baik) pada siklus II dan pada siklus III meningkat menjadi 76,92% (Baik). Kata kunci: hasil belajar siswa, pembelajaran tematik, value clarification technique (VCT). publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2014-12-16 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/1/1.%20COVER%20LUAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/2/2.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/3/3.%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/4/4.%20HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/5/5.%20HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/6/6.%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/7/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/8/8.%20MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/9/9.%20PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/10/10.%20SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/11/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/12/12.%20DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/13/13.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/14/14.%20DAFTAR%20GRAFIK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/15/15.%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/16/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/17/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/18/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/19/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/20/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5843/21/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Umy Faridha, 1013053098 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV A SD N 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/5843/