TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints5845 UR - http://digilib.unila.ac.id/5845/ A1 - ROSMAYATI, 1013109139 Y1 - 2014/11/24/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar dari KKM yang ditentukan ?66 siswa yang tuntas 29%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD di SD Negeri 2 Margodadi Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, menggunakan lembar observasi siswa, kinerja guru pada proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukan data pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan skor rata-rata 60%. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa dengan skor rata-rata 89,16%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, dengan nilai 69,33 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa dengan nilai 79,33. Kata Kunci: Kooperatif Learning Tipe STAD, Aktivitas, Hasil Belajar. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD SISWA KELAS VI SDN 2 MARGODADI KABUPATEN PESAWARAN TP 2014/2015 AV - restricted ER -