TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints5848 UR - http://digilib.unila.ac.id/5848/ A1 - Yuliani, 1013024019 Y1 - 2014/12/02/ N2 - Gender merupakan suatu konsep yang digunakan untuk mengidentifikasi perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Siswa memiliki kemampuan bertanya yang berbeda-beda, hal ini dapat dilihat dari pertanyaan yang diajukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pertanyaan siswa laki-laki dan perempuan, serta perbedaan jumlah dan kualitas pertanyaan antara siswa laki-laki dan perempuan berdasarkan taksonomi Bloom. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif sederhana. Metode sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data penelitian yaitu data kualitatif berupa deskripsi kualitas pertanyaan siswa. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil analisis data menunjukan bahwa kualitas pertanyaan yang diajukan oleh siswa laki-laki yaitu pertanyaan dimensi kognitif pengetahuan/C1 (34,78%), pemahaman/C2 (60,86%), dan analisis/C4 (4,34%). Sedangkan kualitas pertanyaan yang diajukan oleh siswa perempuan yaitu dimensi kognitif pengetahuan/C1 (37,83%), pemahaman/C2 (48,64%), aplikasi/C3 (12,16%), dan analisis/C4 (1,35%). Perbedaan jumlah dan kualitas pertanyaan yang diajukan siswa laki-laki dan siswa perempuan yaitu tidak berbeda nyata dengan dominansi pertanyaan yaitu pemahaman (C2). Kata kunci : gender , pertanyaan siswa, taksonomi Bloom PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - Analisis Kualitas Pertanyaan Siswa Berdasarkan Gender dan Taksonomi Bloom pada Materi Pokok Sistem Reproduksi AV - restricted ER -