creators_name: Diah Ajeng Wijayaningrum, 1653053003 creators_id: diahajeng383@gmail.com type: other datestamp: 2022-04-06 06:53:16 lastmod: 2022-04-06 06:53:16 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 11 METRO PUSAT ispublished: pub subjects: 507 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan non- equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 orang peserta didik dan menggunakan sampel jenuh yang berjumlah 46 orang pesrta didik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro pusat, dengan thitung > ttabel yaitu 4,963 > 2,021 (dengan α = 0,05) dan terdapat peningkatan kemampuan dalam hasil belajar matematika peserta didik sebesar 0,55 dengan kriteria “Sedang”. Kata kunci : group investigation, hasil belajar, matematika The problem of this study way the low mathematics learning outcomes of students in grade V SD Negeri 11Center Metro. The purpose of this study was to determine the positive and significant effect on the application of the group investigation cooperative learning model to the learning outcomes of mathematics. The type of research my experimental. The design of this study used a non-equivalent control group design. The population in this study amounted to 46 students and using a saturated sample of 46 students. The results showed that there was a positive and significant influence on the cooperative learning model of the group investigation type on the mathematics learning outcomes of students in class V of state elementary school 11 center metro, with tcount> ttable which was 4.963> 2.021 (with α = 0.05) and there was an increase in students' mathematics learning outcomes by 0 , 55 with the criteria of "Medium". Keyword: group investigation, learning outcomes, mathematics date: 2020-04-20 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Diah Ajeng Wijayaningrum, 1653053003 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 11 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/58524/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29%20-%20Diah%20Ajeng%20W.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/58524/2/SKRIPSI%20DIAH%20AJENG%20W%20FULL%20-%20Diah%20Ajeng%20W.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/58524/3/SKRIPSI%20DIAH%20AJENG%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Diah%20Ajeng%20W.pdf