%A 1613053006 Siti May Munah %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DENGAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS V SDN 1 METRO TIMUR %X Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SDN 1 Metro Timur. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dengan media question card terhadap hasil belajar tematik. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berujumlah 52 peserta didik. Sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian menggunakan soal tes pilihan jamak. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dengan media question card terhadap hasil belajar tematik peserta didik dengan Fhitung>Ftabel yaitu 23,08>4,26 serta terdapat peningkatan pengetahuan (N-Gain) sebesar 0,53 dengan kriteria ?Sedang?. Kata kunci: hasil belajar tematik, question card, scramble. The problem of this research was the low thematic learning outcomes of students in grade V of elementary school 1 East Metro. The purpose of research was to know the significant effect on the application of cooperative learning model scramble type with media question card on thematic learning outcomes. The type of research was experiment research. The research design used non-equivalent control group design. The population in this research were to 52 students. The determination of research sample used saturated sample. The research instrument used multiple choice test. The data analysis technique used a simple regression test. The result showed there was a significant effect on the application of cooperative learning model scramble type with media question card on thematic learning outcomes with Fcount>Ftablewhich was 23,08>4,26 and there was an increase knowledge (N-Gain) ability by 0,53 with criteria of ?Medium?. Keywords: question card, scramble, thematic learning outcomes. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2020 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %L eprints58535