<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING,\r\nAND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PENINGKATAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN\r\nMODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA\r\nKELAS X MATERI HUKUM NEWTON\r\n\r\nTENTANG GERAK"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Science,\r\nTechnology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap peningkatan\r\nketerampilan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran PBL pada\r\nsiswa kelas X materi Hukum Newton tentang gerak. Populasi dari penelitian\r\nini yaitu seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung.\r\nPemilihan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling\r\ndengan sampel kelas X IPA 5 berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen\r\ndan kelas X IPA 6 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Desain\r\npenelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Pretest Posttest Control\r\nGroup Design. Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji\r\nhomogenitas, uji Mann Withney U Test dan uji Effect size. Berdasarkan\r\npenelitian yang telah dilakukan, menggunakan uji Mann Withney U Test\r\nnilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,000, maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh pendekatan STEM terhadap peningkatan keterampilan\r\nberpikir kritis dengan model pembelajaran PBL pada siswa kelas X materi\r\nHukum Newton tentang gerak. Rata-rata N-gain (g) keterampilan berpikir\r\nkritis pada kelas eksperimen sebesar 0,73 dengan kategori tinggi, sedangkan\r\nkelas kontrol sebesar 0,56 dengan kategori yang sedang. Berdasarkan hasil\r\nuji T-test, keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi secara\r\nsignifikan dibandingkan kelas kontrol. Demikian juga hasil uji keefektifan\r\nmenggunakan Effect size menunjukkan nilai (d) sebesar 1,49 dengan\r\nkategori besar. Hal ini menunjukan bahwa pendekatan STEM menggunakan\r\nmodel pembelajaran PBL sangat efektif dan berdampak besar terhadap\r\npeningkatan keterampilan berpikir kritis. Pendekatan STEM dengan model\r\npembelajaran PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.\r\n\r\nKata Kunci: Hukum Newton Tentang Gerak, Keterampilan Berpikir Kritis,\r\nPendekatan STEM, Problem Based Learning (PBL)."^^ . "2020-04-09" . . . . "FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM"^^ . . . . . . . "1613022013"^^ . "I PUTU YOGI SETIA PERMANA"^^ . "1613022013 I PUTU YOGI SETIA PERMANA"^^ . . . . . . "PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING,\r\nAND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PENINGKATAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN\r\nMODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA\r\nKELAS X MATERI HUKUM NEWTON\r\n\r\nTENTANG GERAK (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK - I Putu Yogi S P.pdf"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING,\r\nAND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PENINGKATAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN\r\nMODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA\r\nKELAS X MATERI HUKUM NEWTON\r\n\r\nTENTANG GERAK (File PDF)"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING,\r\nAND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PENINGKATAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN\r\nMODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA\r\nKELAS X MATERI HUKUM NEWTON\r\n\r\nTENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING,\r\nAND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PENINGKATAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN\r\nMODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA\r\nKELAS X MATERI HUKUM NEWTON\r\n\r\nTENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING,\r\nAND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PENINGKATAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN\r\nMODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA\r\nKELAS X MATERI HUKUM NEWTON\r\n\r\nTENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING,\r\nAND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PENINGKATAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN\r\nMODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA\r\nKELAS X MATERI HUKUM NEWTON\r\n\r\nTENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING,\r\nAND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PENINGKATAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN\r\nMODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA\r\nKELAS X MATERI HUKUM NEWTON\r\n\r\nTENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING,\r\nAND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PENINGKATAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN\r\nMODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA\r\nKELAS X MATERI HUKUM NEWTON\r\n\r\nTENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING,\r\nAND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PENINGKATAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN\r\nMODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA\r\nKELAS X MATERI HUKUM NEWTON\r\n\r\nTENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING,\r\nAND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PENINGKATAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN\r\nMODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA\r\nKELAS X MATERI HUKUM NEWTON\r\n\r\nTENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING,\r\nAND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PENINGKATAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN\r\nMODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA\r\nKELAS X MATERI HUKUM NEWTON\r\n\r\nTENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING,\r\nAND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PENINGKATAN\r\nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN\r\nMODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA\r\nKELAS X MATERI HUKUM NEWTON\r\n\r\nTENTANG GERAK (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #58545 \n\nPENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, \nAND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PENINGKATAN \nKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN \nMODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA \nKELAS X MATERI HUKUM NEWTON \n \nTENTANG GERAK\n\n" . "text/html" . . . "507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam" . .