TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints58568 UR - http://digilib.unila.ac.id/58568/ A1 - DEWI MEIKASARI, 1613023023 Y1 - 2020/05/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided discovery pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keteram- pilan komunikasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMAN 1 Purbolinggo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan The Matching-Only Pretests-Postest Control Group Design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain keterampilan komunikasi berkategori tinggi di kelas eksperimen dan berkategori sedang di kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan terima H1 yaitu rata-rata n-gain keterampilan komunikasi yang diterapkan model pembelajaran guided discovery lebih tinggi daripada rata-rata n-gain keterampilan komunikasi dengan pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan n-gain keterampilan komunikasi yang signifikan antara kelas eksperi- men dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery efektif dalam meningkatkan kete- rampilan komunikasi siswa pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: model pembelajaran guided discovery, kesetimbangan kimia, keterampilan komunikasi. PB - FKIP TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA AV - restricted ER -