%0 Generic %9 Other %A Hanni Hanifah, 1013024076 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:5866 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T Hubungan Antara Kualitas Pertanyaan Siswa Berdasarkan Taksonomi Bloom dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Reproduksi %U http://digilib.unila.ac.id/5866/ %X Pertanyaan memegang peranan penting dalam pembelajaran. Salah satu tujuan bertanya adalah merangsang kemampuan berpikir siswa, sehingga diharapkan dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidaknya hubungan dan konsistensi hubungan antara kualitas pertanyaan siswa berdasarkan taksonomi Bloom dengan hasil belajar siswa pada materi pokok sistem reproduksi. Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pagelaran. Data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif, data kualitatif berupa deskripsi kualitas pertanyaan siswa, sedangkan data kuantitatif berupa nilai hasil belajar yang diperoleh dari nilai ulangan harian. Data yang telah diperoleh diuji statistik menggunakan uji korelasi Pearson (Product Moment). Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada korelasi antara kualitas pertanyaan siswa dengan hasil belajar siswa yaitu sebesar -0,078. Tidak adanya hubungan antara kualitas pertanyaan siswa dengan hasil belajar siswa diduga disebabkan oleh sulitnya materi sistem reproduksi yang harus digali secara dalam dan terperinci, serta kurang tepatnya penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran di kelas. Kata Kunci: hasil belajar, pertanyaan siswa, taksonomi Bloom