@misc{eprints5868, month = {Oktober}, title = {HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA ? SISWI KELAS X DI SMA NEGERI 1 BANDAR SRIBHAWONO LAMPUNG TIMUR}, author = {1013051012 Rudy Saputra}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5868/}, abstract = {ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya hubungan antara kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) dengan prestasi belajar pelajaran Pendidikan Jasmani pada siswa - siswi kelas X di SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 60 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Data kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) diperoleh melalui angket dan data prestasi belajar Pendidikan Jasmani diperoleh melalui dokumentasi hasil belajar/nilai raport semester ganjil tahun 2014/2015. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa kecerdasan emosional (EQ) memiliki koefisien korelasi sebesar 4 dengan prestasi belajar pendidikan jasmani, dan Kecerdasan spiritual (SQ) memiliki koefisien korelasi sebesar dengan prestasi belajar pendidikan jasmani, sedangkan koefiensi korelasi antara kecerdasan emosional (EQ) dengan kecerdasan spiritual (SQ) sebesar . Dengan demikian, semakin baik kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa, maka semakin tinggi pula prestasi belajar Pendidikan Jasmani siswa. Kata kunci: Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ), Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani, Metode Deskriptif Korelasional.} }