creators_name: Noviyanti, 151302003 creators_id: - type: other datestamp: 2022-04-19 06:40:01 lastmod: 2022-04-19 06:40:01 metadata_visibility: show title: HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA / SISWI KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019 ispublished: pub subjects: 370 subjects: 379 full_text_status: restricted abstract: Permasalahan penelitian ini adalah perilaku prokrastinasi akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah hubungan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, populasi berjumlah 296 siswa, dan sampel diambil 35% dari populasi menggunakan teknik propotional random sampling berjumlah 104 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan skala self regulated learning dan skala prokrastinasi akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan negatif antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik, hal ini berdasarkan hasil analisa menggunakan teknik product moment yang diperoleh nilai r-hitung = -0.810 dari taraf r-tabel = 0.1622. Kesimpulannya yaitu semakin tinggi self regulated learning maka semakin rendah prokrastinasi akademik pada siswa, begitu juga sebaliknya semakin rendah self regulated learning maka semakin tinggi prokrastinasi akademik pada siswa. Kata kunci : bimbingan konseling, prokrastinasi akademik, self regulated learning The problem of this research is the behavior of academic procrastination. The purpose of this study was to determine how the correlation between self regulated learning and academic procrastination in class VIII students of SMP Negeri 14 Bandar Lampung. The research method used is a quantitative method, the population amounted to 296 students, and the sample taken 35% of the population used a proportional random sampling technique totaling 104 students. Data collection techniques used self regulated learning scale and academic procrastination scale. The results of this study indicate that there is a significant negative correlation between self-regulated learning and academic procrastination, This is based on the results of the analysis used the product moment technique obtained by the value of r-count = -0.810 from the level of r-table = 0.1622. The conclusion is that the higher the self regulated learning, the lower the academic procrastination in students, and vice versa the lower the self regulated learning, the higher the academic procrastination in students. Key words : academic prokrastination, guidance and counseling, self regulated learning date: 2019 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Noviyanti, 151302003 (2019) HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA / SISWI KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/58721/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/58721/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/58721/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf