TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints58736 UR - http://digilib.unila.ac.id/58736/ A1 - DWI RIKA PRATIWI, 1513021085 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 330 siswa dan terdistribusi ke dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang dipilih melalui teknik cluster random sampling dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Data kemampuan representasi matematis berupa data interval yang dikumpulkan melalui instrumen tes berbentuk uraian pada materi bangun ruang sisi datar. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model problem based learning lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: Representasi Matematis, Problem Based Learning PB - FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019) AV - restricted ER -