%0 Generic %A Wina Sianturi, 1343021022 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:58748 %I FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Natar T.P. 2018/2019) %U http://digilib.unila.ac.id/58748/ %X Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan prettes-postetest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2018/2019. Melalui teknik purposive sampling dua kelas diambil sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: kooperatif tipe Think Pair Share, pemahaman konsep matematis