TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints58756 UR - http://digilib.unila.ac.id/58756/ A1 - DITIANTI JULRIZKIAH KHOIRUNISSA, 1513021024 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran guided discovery ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-C dan VII-D yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini ialah posttest only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan penalaran matematis siswa. Dengan menggunakan uji-t dengan ? = 0,05 dan uji proporsi, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran guided discovery tidak efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis. Kata kunci: efektivitas, kemampuan penalaran matematis, pembelajaran guided discovery PB - FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019) AV - restricted ER -