creators_name: DITIANTI JULRIZKIAH KHOIRUNISSA, 1513021024 creators_id: - type: other datestamp: 2022-04-19 07:15:49 lastmod: 2022-04-19 07:15:49 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019) ispublished: pub subjects: 370 subjects: 510 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran guided discovery ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-C dan VII-D yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini ialah posttest only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan penalaran matematis siswa. Dengan menggunakan uji-t dengan α = 0,05 dan uji proporsi, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran guided discovery tidak efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis. Kata kunci: efektivitas, kemampuan penalaran matematis, pembelajaran guided discovery date: 2019 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: DITIANTI JULRIZKIAH KHOIRUNISSA, 1513021024 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/58756/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/58756/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/58756/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf