@mastersthesis{eprints5876, month = {Agustus}, title = {PERBEDAAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH ANTARA PEMBELAJARAN EKSPOSITORIS DAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 AMBARAWA}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {0923011078 Yulistia Dewi}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5876/}, abstract = {ABSTRAK Tujuan penelitian untuk menganalisis: (1) peningkatan prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah, (2) peningkatan prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran ekspositoris, dan (3) perbedaan peningkatan prestasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan ekspositoris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IIS SMAN 1 Ambarawa yang berjumlah 120 siswa, terdiri dari 4 kelas. Sampel ditentukan secara simple random sampling. Data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah, rata-rata 35,0 (2) terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran ekspositoris, rata-rata 18,3 dan (3) peningkatan prestasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada peningkatan prestasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositoris. Kata Kunci: prestasi, pembelajaran ekspositoris, pembelajaran berbasis masalah. ABSTRACT The purpose of this research is to analyze: (1) the improvement of student?s achievement are taught by problem based learning (2) the improvement of student?s achievement are taught by expository learning, and (3) the difference student?s achievement are taught by problem based learning and expository learning. This research is use quasi experiment design method and the instrument of this research is use test. The population of this research is the student of Senior High School 1 Ambarawa X IIS grade that consist of four class and 120 students. The sample is determined by simple random sampling. The result of this research is: (1) there is the improvement of student achievement are taught problem based learning, for average 35,0 (2) there is the improvement of students achievement are taught by expository learning, for average 18,3 and (3) to increase achievement students to use problem basic learning more hight between students achievement that use problem based learning and expository learning. Keywords: expository learning, problem based learning, achievement.} }