TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints58760 UR - http://digilib.unila.ac.id/58760/ A1 - Ratna Widyaning Tyas, 1613022003 Y1 - 2020/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sense of Community dan Self-efficacy terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran materi hukum newton tentang gerak berbantuan WhatsApp. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 dan kelas XI MIPA 6 yang berjumlah 34 siswa masing-masing kelas di SMAN 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020. Desain penelitian yang digunakan adalah Post-test only design. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menggunakan uji regresi linier tunggal tidak terdapat pengaruh antara SoC dengan HOTS dengan nilai korelasi sebesar 0,095 dan koefisien determinasi R square sebesar 0,009 yang dapat ditafsirkan bahwa SoC hanya berkontribusi sebesar 0,9% terhadap HOTS, dan tidak terdapat pengaruh antara SE dengan HOTS dengan nilai korelasi sebesar 0,052 dan koefisien determinasi R square sebesar 0,003 yang dapat ditafsirkan bahwa SoC hanya memiliki berkontribusi sebesar 0,3% terhadap HOTS dan berdasarkan hasil uji regresi linier ganda tidak terdapat pengaruh SoC dan SE terhadap HOTS dengan nilai korelasi sebesar 0,114 dan koefisien determinasi R square sebesar 0,013 yang dapat ditafsirkan bahwa SoC dan SE hanya berkontribusi sebesar 1,3% terhadap HOTS. Hal ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara ketiga variabel SoC, SE dengan HOTS dengan menggunakan model pembelajaran blended learning berbantuan WhatsApp. Keywords: Hukum Newton Tentang Gerak, Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi, Self-Efficacy, Sense of Community PB - FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TI - PENGARUH SENSE OF COMMUNITY DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK BERBANTUAN WHATSAPP AV - restricted ER -