@misc{eprints58766, title = {HUBUNGAN STATUS EKONOMI DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA BUDAYA KEMILING TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, author = {1413052003 ADELIA GEBRINNA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/58766/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status ekonomi dan tingkat pendidikan orangtua dengan motivasi belajar pada siswa SMA Budaya Kemiling tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini bersifat korelasional dengan jumlah sampel 84 siswa yang diambil menggunakan teknik non-probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah product moment dan partial. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara status ekonomi dengan motivasi belajar di mana rhitung=0,164{\ensuremath{<}}rtabel=0,214 yang berarti semakin tinggi status sosial ekonomi siswa maka motivasi belajarnya juga semakin tinggi, begitupun sebaliknya. Kedua, terdapat hubungan yang negatif dan tidak signifikan antara tingkat pendidikan orangtua dengan motivasi belajar di mana rhitung=-0,246{\ensuremath{<}}rtabel=0,214, yang berarti rendahnya tingkat pendidikan orangtua akan semakin memotivasi siswa untuk belajar. Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara status ekonomi dan tingkat pendidikan orangtua dengan motivasi belajar di mana rhitung=0,251{\ensuremath{>}}rtabel=0,214 yang artinya semakin tinggi status sosial ekonomi dan tingkat pendidikan orangtua akan semakin tinggi motivasi belajar siswa, begitupun sebaliknya. Fhitung=2,729 dan Ftabel N=84 bernilai 3,11. Kata kunci :ekonomi, motivasi belajar, pendidikan orangtua} }