title: EFEKTIVITAS LKPD INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK creator: Indah Putri Anggraini, 1753023008 subject: 370 Pendidikan subject: 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan LKPD interaktif berbasis problem solving untuk meningkatkan keterampilan penguasaan konsep peserta didik. Peserta didik kelas XI MIPA SMAS Al-Azhar 3 Bandar Lampung, merupakan populasi dalam penelitian ini. Kuasi eksperimen dengan pretest- postest control group desain merupakan metode dalam penelitian ini. Peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol, merupakan sampel dalam penelitian ini. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan LKPD interaktif berbasis problem solving dan kelas kontrol menggunakan LKPD konvensional. Efektivitas LKPD diukur dari perbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n- Gain penguasaan konsep peserta didik pada kelas eksperimen berkriteria “tinggi” dan kelas kontrol berkriteria “sedang”. Ukuran pengaruh dihitung menggunakan effect size. Hasil uji effect size menunjukkan bahwa pengaruh LKPD interaktif berbasis problem solving lebih tinggi daripada pengaruh LKPD konvensional. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan LKPD interaktif berbasis problem solving berpengaruh besar dan efektif dalam meningkatkan keterampilan penguasaan konsep peserta didik pada materi koloid. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2022-02-02 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/58799/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/58799/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/58799/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Indah Putri Anggraini, 1753023008 (2022) EFEKTIVITAS LKPD INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/58799/