%A FA Sri Handayani Yusup Komari Atmowasito %T UPAYA MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) BAGI SISWA KELAS III SD XAVERIUS 3 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012-2013 %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah: (1) rendahnya aktivitas belajar siswa dan (2) rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran cooperatif learning tipe STAD, dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 4 langkah kegiatan yang meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes, lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Xaverius 3 Bandarlampung yang berjumlah 43 orang, yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) terdapat peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 9,25% dari 70,63% (sedang) menjadi 79,88% (tinggi). (2) Peningkatan kinerja guru dari siklus I ke siklus II sebesar 4,58% dari 74,79% (sedang) menjadi 79,37% (tinggi), dan (3) hasil ketuntasan belajar matematika siswa secara klasikal melalui penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD menunjukkan peningkatan yang cukup berarti dari 74,42% pada siklus I menjadi 86,05% pada siklus II, peningkatannya mencapai 11,63%. Dengan demikian pembelajaran dengan mempergunakan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Aktivitas, hasil belajar, model pembelajaran cooperative learning tipe STAD. %C Universitas Lampung %D 2013 %I FKIP %L eprints588